Pantai Sundak, Pesona Alam Yang Menawan di Yogyakarta

Pantai Sundak menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Yogyakarta. Deretan pantai berjajar indah sepanjang wilayah pesisir Gunung Kidul. Pantai satu ini terletak tidak jauh dari pantai lain, seperti pantai Kukup yang hanya berjarak kurang lebih 3 km sebelah timur. Sayang rasanya jika anda mengunjungi pantai kukup, namun tidak menyempatkan diri ke pantai Sundak. Pemandangan alam yang yang menawan nan mengagumkan akan memanjakan mata dan fikiran.

Akses Menuju Pantai Sundak

Dari pusat kota Yogyakarta, pantai yang terletak Kabupaten Gunungkidul ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Tepatnya berada di dusun Pule Gundes, desa Sidoharjo, Kec. Tepus. Untuk sampai ke lokasi, anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jika memilih menggunakan bus, anda harus lebih bersabar. Hal itu dikarenakan bus seringkali berhenti untuk menunggu penumpang lain. Perjalanan dimulai dari Terminal Giwangan, naiklah bus jurusan ke Wonosari. Turunlah di Pasar Wonosari, kemudian naiklah bus kecil yang menuju ke Pantai Baron ataupun pantai Krakal.

Untuk mempersingkat waktu perjalanan, wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Dari Yogyakarta ambillah jalan menuju arah Wonosari atau Imogiri. Ikuti petunjuk arah yang terpampang di jalan-jalan. Mengingat pantai ini sudah sangat terkenal, maka dijamin anda tidak akan tersesat. Di sepanjang jalan pengunjung akan disuguhkan oleh panorama alam yang tak kalah indahnya dengan pemandangan pantai itu sendiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Pantai Sundak
Pantai Sundak

Objek wisata pantai Sundak memang memiliki daya tarik tersendiri. Menawarkan nuansa alam yang nyaman untuk mengisi waktu senggang disela liburan, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Hamparan pasir putih bak permadani yang bergitu memukau. Untuk masuk ke area pantai, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- saja. Cukup murah bukan?

Aktifitas di Pantai Sundak

Sebutan kata sundak, tak terlepas dari mitos cerita yang dahulu tersebar di masyarakat. Konon dahulu terjadi perkelahian antara anjing dan landak laut di gua yang berada disebelah pantai tersebut. Perkelahian berlangsung sengit, yang pada akhirnya dimenangkan oleh anjing yang berhasil memakan sebagian tubuh sang landak. Sejak saat itulah pantai ini dinamakan pantai sundak yang artinya asu (anjing) dan landak.

Sebagai salah satu wisata unggulan, pantai sundak telah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana untuk memberikan kenyamanan. Seperti halnya, mushola, kedai-kedai makan, gazebo untuk beristirahat, serta penginapan-penginapan. Baik siang maupun malam, pantai sundak menawarkan suasana alam indah yang tiadataranya. Tidak hanya dapat menikmati deburan ombak saja, di pantai ini pengunjung melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Berswa foto berlatar birunya air laut dan pasir putih yang mempesona, sungguh indah bukan untuk diabadikan? Tidak hanya itu, tersedia pula spot-spot foto menarik yang dapat anda jadikan background. Bermain pasir bersama teman maupun keluarga akan sangat menyenangkan dan menjadi memori yang membahagiakan. Setelah lelah bermain, anda dapat beristirahat dengan mencicipi makanan olahan laut yang lezat. Tidak cukup sampai disitu, pengunjung dapat menginap di pantai sundak. Anda dapat menyewa penginapan maupun camping dengan mendirikan tenda sendiri di sekitar pantai.

Jadi, masih menolak untuk berkunjung ke pantai sundak? Selain tempatnya yang bersih, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Menyaksikan matahari terbenam tentu akan menjadi memori berharga yang berharga. Suasana malam apalagi, tidak ada duanya. Tunggu apalagi? Masukkan objek wisata pantai sundak dalam daftar destinasi wisata kunjunganmu sekarang juga!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *